Jenis, Syarat dan Ciri-Ciri Kalimat Persuasif

ciri-ciri kalimat persuasif
Gambar diambil dari Grid.id

Kalimat persuasif adalah kalimat yang bersifat ajakan, artinya mengajak atau meyakinkan orang lain untuk melakukan sesuatu. Biasanya digunakan dalam sebuah iklan. Tapi, seperti apa sih ciri-ciri kalimat persuasif itu?

Nah, setelah memahami pengertian kalimat persuasif, sekarang kita pelajari ciri-ciri dan jenisnya ya!

Ciri-Ciri Kalimat Persuasif

Gambar diambil dari Creya Edu

Berikut adalah ciri-ciri kalimat persuasif:

1. Bersifat Ajakan
Kalimat persuasif selalu mengandung unsur ajakan. Tujuannya adalah untuk membuat mereka melakukan tindakan atau kegiatan tertentu.

2. Menggunakan Tanda Seru
Kalimat persuasif sering diakhiri dengan tanda seru (!) untuk menekankan urgensi atau pentingnya pesan yang disampaikan.


3. Menggunakan Kata-kata Ajakan
Kalimat persuasif menggunakan kata-kata yang mengajak, seperti “marilah,” “yuk,” “ayo,” dan sejenisnya untuk membangkitkan minat pendengar atau pembaca.

4. Ditulis dengan Menarik dan Berirama
Kalimat persuasif menggunakan bahasa yang menarik dan berirama untuk memudahkan orang mengingatnya.

5. Digunakan untuk Iklan
Kalimat persuasif sering digunakan dalam konteks promosi, seperti iklan, kampanye, poster, dan slogan. Tujuannya adalah untuk meyakinkan orang membeli produk atau mendukung suatu ide atau gagasan.