Kemasan Produk: Kemasan Primer, Sekunder, dan Tersier

kemasan produk
Gambar diambil dari IRP Paper Cup

Dalam bisnis penjualan produk, salah satu hal yang juga sangat penting adalah kemasan produk itu sendiri.

Kemasan bukan sekadar wadah, melainkan sebuah elemen penting yang dapat menaikkan nilai dan manfaat suatu produk. Selain berfungsi sebagai pelindung dan wadah fisik, kemasan juga memiliki dampak psikologis yang signifikan. Tampilan kemasan memiliki kemampuan untuk menciptakan kesan tertentu pada konsumen, yang pada gilirannya akan memengaruhi preferensi mereka terhadap produk yang dikemas.

Fungsi Kemasan Produk

Selain hanya sekedar wadah, kemasan ternyata ternyata juga memiliki banyak fungsi seperti:

  • Menjaga produk agar tetap terlindung dan terjaga dari kotoran serta kontaminasi.
  • Membuat daya tahan produk meningkat, karena terhindar dari kerusakan fisik dan pengaruh cuaca.
  • Menyeragamkan ukuran atau bobot produk yang akan dijual.
  • Menambah daya jual produk sehingga menarik konsumen untuk membeli produk yang dijual.
  • Menampilkan informasi produk yang dapat membantu konsumen untuk menentukan keputusan pembelian, seperti bahan baku, berat produk dan tanggal kedaluwarsa.

Jenis Kemasan Produk