Iklan sering kita temukan dalam keseharian kita. Baik itu di media sosial, di televisi, di pinggir jalan, bahkan di beberapa aplikasi yang sering kita gunakan. Iklan tersebut bisa berupa iklan komersial maupun iklan non komersial.
Pengertian Iklan Non Komersial
Iklan non komersial adalah jenis iklan yang tidak bertujuan untuk mempromosikan produk atau layanan secara langsung. Sebaliknya, iklan ini lebih berfokus pada menyampaikan pesan-pesan sosial, politik, atau budaya yang bertujuan untuk memberikan pengaruh positif pada masyarakat.
Selain itu, iklan non komersial juga bisa berbentuk seni visual, seperti mural, graffiti, atau instalasi seni. Bentuk-bentuk seni ini digunakan untuk menyampaikan pesan-pesan yang diinginkan kepada masyarakat dengan cara yang kreatif dan menarik.
Ciri-Ciri Iklan Non Komersial
Adapun ciri-cirinya adalah sebagai berikut:
1. Mempromosikan Kampanye Sosial
Iklan ini bisa mencakup isu-isu lingkungan, pendidikan, kesehatan, dll. Kalimat yang digunakan biasanya menarik dan mudah dimengerti agar pesan yang ingin disampaikan dapat tersampaikan dengan jelas dan dapat dipahami oleh setiap pembaca.
2. Fokus pada Isi Pesan
Bahasa yang digunakan dalam iklan tersebut bersifat mengajak, melarang, merayu, atau dapat berbagai bentuk lainnya. Tujuannya adalah untuk meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap isu sosial yang menjadi fokus dari kampanye sosial yang dilakukan.
3. Dibuat oleh Pemerintah. Organisasi Nirlaba, atau LSM
Leave a Reply