Dalam konteks bisnis, sering kali masyarakat bingung antara istilah sales dan marketing. Biasanya, kedua aspek ini digabungkan dalam satu divisi di perusahaan. Namun, perbedaan sales dan marketing sangat signifikan, baik dari segi arti maupun peranannya.
Untuk memahami perbedaan sales dan marketing, penting untuk melihat lebih dalam tentang fungsi masing-masing. Secara umum, marketing dan sales dapat dibedakan berdasarkan ruang lingkup tugas mereka.
Perbedaan Sales dan Marketing
Dikutip dari beberapa sumber, perbedaan antara marketing dan sales sangat jelas dalam konteks pendekatan dan fungsinya dalam bisnis.
Sales berfokus pada memenuhi permintaan yang sudah ada dari konsumen. Ini berarti sales lebih berorientasi pada tindakan langsung untuk mempengaruhi keputusan pembelian individu, dengan tujuan utama mencapai target penjualan tertentu.
Di sisi lain, marketing berusaha untuk menciptakan atau merangsang permintaan baru. Ini bisa melalui strategi seperti riset pasar, branding, periklanan, pembuatan konten, dan kampanye pemasaran yang bertujuan untuk menjangkau dan mempengaruhi audiens yang lebih luas. Marketing juga berfokus pada pemahaman mendalam tentang kebutuhan dan preferensi konsumen untuk memastikan produk atau layanan yang ditawarkan sesuai dengan pasar.
Leave a Reply