Ingin Cepat Mendapatkan Pekerjaan? Ini Cara Melamar Kerja yang Benar Melalui Email

cara melamar kerja
Gambar diambil dari bitlabs

Kalau Anda termasuk salah satu orang yang sedang mencari pekerjaan, kami akan memberikan informasi bagaimana cara melamar kerja yang benar melalui email. Dalam melamar kerja, Anda bisa melakukannya dengan berbagai cara, salah satunya adalah melalui email.

Cara melamar kerja melalui email memang dikenal lebih efektif, karena selain bisa dilakukan dimana saja menggunakan laptop atau HP, juga lebih menghemat waktu dan tentu saja biaya. Selain itu, perusahaan umumnya memberikan informasi lowongan pekerjaan di situs resmi perusahaan mereka, di akun sosial media ataupun aplikasi pencari kerja. 

Namun begitu, melamar kerja melalui email tetap ada aturan yang wajib diketahui para pencari kerja. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan supaya lamaran Anda dilirik oleh HRD perusahaan tersebut.

Ingin mengetahui lebih lanjut? Anda bisa menyimak artikel selengkapnya berikut ini ya!

Cara Melamar Kerja Melalui Email

1. Siapkan Dokumen yang Dibutuhkan

Gambar diambil dari detik.com

Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah menyiapkan dokumen persyaratan yang dibutuhkan. Biasanya mencakup resume atau CV, surat lamaran kerja, portofolio, hingga dokumen penunjang.

Kirim dokumen dalam bentuk file PDF, dan harus pastikan penerima bisa membuka atau melihatnya. Cantumkan nama lengkap di judul lampiran file sehingga memudahkan dalam mengetahui kepemilikan dokumen.

2. Pastikan Email Sudah Benar

Perhatikan alamat email kedua pihak. Baik email yang Anda pakai untuk mengirim lamaran, maupun email penerima yang akan Anda kirimi lamaran pekerjaan.

Usahakan alamat email yang Anda gunakan memang khusus untuk aktivitas profesional. Selain itu, nama email pun harus mencerminkan Anda orang yang cakap dan kompeten. Jadi, ada baiknya alamat email hanya memakai nama lengkap saja.

Contoh : naira.putri@email.com. Hindari alamat email menggunakan angka-angka seperti : naira.p1510@email.com

Selain itu, pastikan juga alamat email penerima atau perekrut sudah benar ya.

3. Tulis Subjek Email dengan Jelas

Anda juga harus memperhatikan subjek email yang akan dikirim. Pastikan subjek hanya singkat dan jelas agar HRD tertarik untuk membuka email Anda.

Contoh: “Nama – Posisi pekerjaan yang dilamar” atau Naira Putri – Senior Sales Manager.

4. Membuat Cover Letter / Email Lamaran yang Baik

Gambar diambil dari cake resume

Cara melamar kerja yang benar juga harus disertai dengan penulisan Email yang baik. Email lamaran kerja yang baik biasanya terdiri dari :

  • Salam pembuka
  • Perkenalan diri di awal
  • Penjelakan maksud Anda menulis email lamaran kerja tersebut
  • Kualifikasi yang Anda miliki
  • Paragraf penutup dan ucapan terima kasih
  • Informasi kontak yang dapat dihubungi