Cara Membuat Iklan yang Menarik dan Efektif

cara membuat iklan
Gambar diambil dari kajian pustaka

Cara membuat iklan yang menarik sangat dibutuhkan ide yang kreatif dan ketekunan serta ketelatenan dalam membuatnya. Iklan harus dibuat menarik dan menonjol, baik dari segi desain, maupun kata-kata yang digunakan, haruslah mampu membujuk atau memberi informasi yang jelas kepada pembaca.

Iklan merupakan salah satu media yang digunakan untuk memperngaruhi orang agar terbujuk untuk melakukan sesuatu melalui pesan yang disampaikan. Oleh karena itu, cara membuat iklan yang menarik disarankan menggunaka bahasa dan kata-kata yang singkat, jujur, menarik perhatian, objektif dan tidak menyinggung apapun. 

Iklan yang menarik juga bertujuan untuk memasarkan sebuah produk usaha supaya produk tersebut laku di pasaran. Cara membuat iklan yang menarik dan mampu menarik perhatian masyarakat dibutuhkan trik khusus dan ide yang kreatif.

Kalau Anda sedang mencoba membuat sebuah iklan, simak yuk ulasan lengkapnya berikut ini!

Pengertian Iklan

Gambar diambil dari youtube

Iklan adalah sebuah informasi yang berisi pesan untuk membujuk orang lain agar tertarik pada barang atau jasa yang ditawarkan, atau untuk melakukan sesuatu.

Namun iklan bukan hanya untuk komersial saja, namun juga dapat berupa edukasi atau informasi yang membujuk pembaca untuk melakukan hal-hal yang baik, misalnya himbauan untuk tidak menggunakan obat terlarang, menanam pohon, hingga tidak membuang sampah sembarangan. Pada umumnya, iklan dipromosikan  melalui media televisi, radio, media sosial, majalah, ataupun baliho di jalan.

Unsur-Unsur Iklan

Gambar diambil dari kapanlagi plus

Sebelum membuat sebuah iklan, Anda perlu memperhatikan unsur-unsur yang harus ada sebuah iklan, sebagai berikut:

1. Kalimat Persuasif

Ini merupakan salah satu bagian terpenting dari iklan. Kalimat persuasif bertujuan untuk membujuk orang menggunakan suatu produk atau layanan yang sedang diiklankan.

2. Attention (Perhatian)

Sebuah iklan harus mampu menarik perhatian masyarakat, sehingga diperlukan ide kreatif agar masyarakat mampu melirik iklan tersebut.

3. Interest (Minat)

Setelah mampu mendapatkan perhatian masyarakat, iklan tersebut juga harus menimbulkan minat pembaca untuk mencari tahu tentang produk atau jasa tersebut lebih lanjut.

4. Desire (Keinginan)

Setelah menumbuhkan minta, suatu iklan juga harus mampu menggerakan hati konsumen. Hal ini berkaitan dengan segmen dan preferensi dari masyarakat yang menjadi sasaran iklan.