Mempelajari Tentang Unsur, Fungsi, dan Jenis-Jenis Administrasi

jenis administrasi
Gambar diambil dari ngelmu.com

Seperti sudah Anda ketahui, pengertian administrasi adalah seluruh kegiatan, mulai dari pengaturan hingga pengurusan dari berbagai hal untuk mewujudkan tujuan bersama. Dan ada beberapa jenis administrasi yang bisa Anda pelajari dalam artikel ini.

Artikel ini akan membahas mengenai unsur, fungsi, dan juga apa saja jenis-jenis administrasi yang perlu Anda ketahui. Yuk, simak selengkapnya ya!

Unsur Administrasi

Terdapat 8 unsur yang harus dipenuhi di dalam administrasi agar bisa memberi dampak positif bagi organisasi dan perusahaan, yaitu:

1. Organisasi

Organisasi merupakan tempat dimana kegiatan administrasi dilakukan, dan rang-orang akan berkumpul menjadi sebuah wadah bagi para pekerjanya.

2. Manajemen

Merupakan alat utama untuk melakukan pelaksanaan administrasi, seperti pengatur, penggerak, manajer, dan tenaga operasional.

3. Komunikasi

Administrasi juga mengatur komunikasi antara departemen satu dengan lainnya dalam suatu organisasi. Hal ini penting untuk mengetahui dan memperjelas informasi yang beredar sehingga terjalin adanya komunikasi baik antara pihak manajemen, klien, dan administrasi itu sendiri.

4. Kepegawaian

Berhubungan dengan penggunaan tenaga kerja, seperti penerimaan, penempatan, pendayagunaan, serta penghentian kerja.

5. Keuangan

Berkaitan dengan pembiayaan kontrak kerjasama mulai dari cara memperoleh dana hingga pertanggungjawabannya. Contoh: administrasi penjualan, pembelian, kontrak ataupun sewa, serta sumber dana.

6. Perbekalan

Berkaitan dengan pengadaan barang, penyimpangan, serta penyingkiran. Pihak administrasi akan memilah mana barang yang dibutuhkan untuk kegiatan kerja.

7. Tata Usaha

Kegiatan yang meliputi aktivitas pencatatan, penyimpanan, serta pengiriman dokumen atau data, sebagai sumber informasi bagi organisasi untuk mengambil keputusan.

8. Hubungan Masyarakat

Hubungan masyarakat adalah suatu usaha dalam menjalin hubungan baik dengan konsumen maupun klien. Administrasi akan menciptakan aturan-aturan tentang bagaimana berhubungan dengan masyarakat terutama kepada para konsumen.

Fungsi Administrasi

Gambar diambil dari casa training

Fungsi-fungsi administrasi yang perlu dilaksanakan antara lain:

1. Fungsi perencanaan

Artinya administrasi digunakan untuk mengumpulkan dan mengolah data yang dimanfaatkan untuk penyusunan atau perencanaan sebuah kegiatan atau hal tertentu lainnya.