Pengertian, Ciri-Ciri, dan Contoh Iklan Kolom

iklan kolom
Gambar diambil dari katadata

Dalam konteks bisnis, strategi pemasaran merupakan elemen krusial yang tidak boleh diabaikan. Pemasaran memiliki peran penting dalam menarik minat konsumen serta memperkenalkan produk yang ditawarkan oleh perusahaan. Secara umum, pemasaran dapat dibagi menjadi dua kategori, yaitu pemasaran konvensional dan digital. Iklan kolom merupakan salah satu bentuk pemasaran secara offline.

Pengertian Iklan Kolom

Iklan kolom merupakan jenis iklan yang umumnya berbentuk kolom dan sering kali menggunakan elemen visual non-verbal seperti iklan display. Biasanya, iklan kolom mengandung teks, foto, serta gambar ilustrasi untuk menarik perhatian audiensnya.

Iklan kolom memiliki tujuan untuk memberikan informasi, mempromosikan, dan mengajak masyarakat untuk membeli atau menggunakan produk atau jasa yang ditawarkan.

Iklan tersebut juga bisa berupa iklan pribadi atau keluarga yang biasanya berisi mengenai pernikahan, berita duka, ataupun ucapan terima kasih.

Ciri-Ciri Iklan Kolom

  1. Biasanya berbentuk segi empat.
  2. Dalam satu kolom hanya ada satu iklan untuk satu produk atau jasa
  3. Ukurannya jauh lebih besar dan berwarna-warni, sehingga tidak membuat pembaca bosan
  4. Berisi informasi produk atau jasa yang mampu menarik pembaca. Informasi ini ditulis secara ringkas, singkat, dan jelas
  5. Penulisan informasinya menggunakan ukuran dan warna tulisan yang sesuai agar mudah dibaca
  6. Antar iklan biasanya dipisahkan oleh bingkai
  7. Dapat dijumpai di media cetak, seperti koran dan majalah.

Manfaat Iklan Kolom

  1. Hemat Biaya: Meskipun tidak sehemat iklan baris, iklan kolom masih merupakan pilihan yang lebih terjangkau daripada iklan display.
  2. Pemasangan Mudah: Proses pemasangan iklan kolom relatif cepat dan sederhana.
  3. Target Audiens Tepat: Koran atau majalah umumnya memiliki pembaca dengan profil yang jelas dan tersegmentasi.

Contoh Iklan Kolom