Pengertian Surat Dinas, Ciri-Ciri dan Fungsinya

pengertian surat dinas
Gambar diambil dari bola.com

Surat dinas umumnya dikeluarkan oleh sebuah lembaga atau perusahaan untuk kepentingan suatu pekerjaan. Namun apa sih sebenarnya pengertian surat dinas itu?

Surat dinas menjadi bukti resmi yang memiliki kekuatan hukum. Surat dinas dalam organisasi dapat menjadi alat bukti historis dan mengingatkan aktivitas yang dilakukan oleh organisasi atau lembaga tersebut..

Pengertian Surat Dinas

Surat dinas adalah surat resmi yang dikeluarkan oleh sebuah instansi atau lembaga tertentu yang berisi informasi yang berkaitan dengan kedinasan pada instansi atau lembaga tersebut, seperti pemberitahuan, penugasan, keputusan, pernyataan, permintaan, penyampaian naskah dinas atau barang.

Surat dinas memiliki peran sebagai sarana komunikasi tertulis dalam menyampaikan informasi secara resmi dan formal, baik dari satu instansi ke instansi lain, dari orang pribadi kepada lembaga atau instansi, maupun sebaliknya.

Ciri-Ciri Surat Dinas

Adapun ciri-ciri dari sebuah surat dinas adalah sebagai berikut: