Struktur Surat Dinas yang Baik dan Benar

struktur surat dinas
Gambar diambil dari CNN Indonesia

Struktur surat dinas penting untuk diperhatikan saat akan membuat surat dinas, karena sifatnya yang resmi dan formal.

Surat dinas merupakan jenis surat yang berisi informasi kedinasan berupa pemberitahuan, pernyataan, permintaan, penyampaian naskah dinas atau barang, atau hal kedinasan lainnya kepada pihak lain diluar organisasi yang bersangkutan.

Struktur Surat Dinas

Adapun struktur surat dinas yang harus diperhatikan adalah sebagai berikut:

1. Kop Surat (Kepala Surat)

Berisi logo institusi atau perusahaan, nama institusi atau perusahaan, alamat, nomor telepon/email/fax milik institusi atau perusahaan.

2. Nomor Surat

Berfungsi untuk memudahkan tracking untuk melihat berapa banyak surat yang dikeluarkan oleh lembaga tersebut dalam kurun waktu satu tahun. Nomor surat akan kembali ke nomor 1 setiap pergantian tahun.

3. Tanggal Surat

Dalam surat dinas maupun surat resmi lainnya, harus terdapat tanggal surat sebagai informasi kapan surat itu dibuat.

4. Perihal dan Lampiran

Perihal merupakan keterangan singkat tentang garis besar topik yang dibahas pada isi surat. Sedangkan lampiran berupa dokumen yang mendukung isi surat (jika ada).

5. Alamat Tujuan

Alamat tujuan harus jelas dan lengkap sehingga dapat mempermudah dalam proses pengiriman.