Struktur Teks Iklan, Pengertian, Ciri-Ciri dan Juga Jenisnya

struktur teks iklan
Gambar diambil dari BigEvo

Iklan adalah suatu bentuk promosi yang menyampaikan pesan nonpersonal melalui berbagai media untuk membujuk konsumen. Pengertian ini berdasarkan buku “Pengantar Iklan” (2007) oleh Widyatama, yang mencakup penyampaian pesan persuasif kepada konsumen oleh perusahaan, lembaga nonkomersial, maupun kepentingan pribadi.

Artikel ini akan membahas mengenai struktur teks iklan beserta ciri-ciri dan juga jenisnya.

Struktur Teks Iklan

Ada 3 struktur teks iklan yaitu sebagai berikut:

  • Orientasi: bagian awal yang berisi perkenalan mengenai produk atau jasa
  • Tubuh iklan: membahas inti dari apa yang ingin dipromosikan atau ditawarkan dalam iklan
  • Justifikasi: bagian akhir yang berisi penjelasan yang memudahkan publik mengakses barang atau jasa yang ditawarkan, seperti nomor telepon, akun media sosial, website, email, alamat, atau sejenisnya.

Ciri-Ciri Teks Iklan