Struktur Surat Dinas yang Baik dan Benar

struktur surat dinas
Gambar diambil dari CNN Indonesia

6. Salam Pembuka

Salam pembuka harus bersifat formal dan menggunakan bahasa yang sopan dan baku.

7. Isi Surat

Sama seperti surat lainnya, bagian isi surat merupakan bagian inti yang paling penting dalam surat dinas karena berisi informasi yang ingin disampaikan. Isi surat dinas harus menyampaikan informasi secara jelas dan tidak bertele-tele.

8. Salam Penutup

Sama halnya dengan salam pembuka, harus ditulis dengan bahasa formal yang baku dan sopan.

9. Keterangan Pengirim Surat

Keterangan mengenai pengirim surat dari lembaga yang bersangkutan, yaitu berupa nama, jabatan, dan tanda tangan pengirim surat.

10. Tembusan

Tembusan merupakan daftar pihak-pihak yang juga menerima salinan surat yang sama, jika surat dinas tersebut juga dikirimkan kepada pihak lain.

11. Inisial (Kode Singkatan Nama)

Inisial merupakan tanda pengenal berupa singkatan nama pengonsep surat dan pengetik surat. Fungsinya adalah apabila terjadi kekeliruan pada surat, maka pimpinan dari instansi yang bersangkutan dapat dengan mudah mengembalikan kepada pembuat surat agar segera diperbaiki.

Itulah struktur surat dinas yang harus diperhatikan dalam pembuatan sebuah surat dinas yang resemi. Semoga bermanfaat ya!

Artikel disadur dari medcom.id